Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / Kondisi Keuangan Pertamina Masih Kuat

Kondisi Keuangan Pertamina Masih Kuat

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyastuti memastikan kinerja keuangan Pertamina masih dalam tren positif. Dalam tiga tahun terakhir, perseroan mencetak keuntungan Rp 90 triliun.

Kondisi keuangan yang kuat ini, lanjutnya, memberikan retained earning bagi perseroan sehingga memberikan tambahan modal untuk investasi.

“Selain kondisi fundamental keuangan perseroan yang positif, Pertamina terus mendapat dukungan penuh dari pemerintah antara lain melalui pemberian subsidi dan blok minyak dan gas (migas) baru untuk mendorong pendapatan di bisnis hulu,” ujar Nicke dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (26/7).

Nicke menegaskan, ihwal subsidi, secara prinsip pemerintah telah menyetujui pemberian subsidi jenis solar. “Naik menjadi Rp 2.000 per liter atau naik 4x lipat dari sebelumnya Rp 500 per liter untuk menutupi kenaikan biaya produksi bahan bakar minyak (BBM) akibat lonjakan harga minyak dunia,” jelasnya.

Sementara itu, tambahnya, untuk mendukung kinerja hulu pemerintah telah menyerahkan pengelolaan 12 blok migas kepada Pertamin. Sehingga hal itu akan meningkatkan produksi hulu migas hingga 100%.

“Yang tentunya akan melipatgandakan pendapatan dari bisnis Hulu Pertamina,” imbuh Nicke.

Terkait rencana share down (pengurangan saham) di blok migas, Nicke menegaskan bahwa  pelepasan Participating Interest atau mencari mitra investasi merupakan hal yang biasa  dalam bisnis hulu.

“Tak hanya Pertamina,  pelepasan PI ini juga dilakukan perusahaan-perusahaan migas kelas dunia,” tukasnya.

Menurut Nicke, langkah ini diambil untuk menyehatkan portfolio investasi, sehingga Pertamina tidak memiliki kecondongan risiko pada satu aset tertentu.

“Dengan aksi korporasi ini, bisa memberi peluang bagi Pertamina untuk mengundang mitra investasi yang memiliki keunggulan dalam teknologi dan bisnis di bidang energi,” tandasnya.

Dukungan untuk memperkuat Pertamina juga ditunjukkan pemerintah dengan menjadikan perseroan sebagai induk (holding) BUMN Migas.

Hal ini membuat neraca keuangan dan aset Pertamina semakin kuat, yang akan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengoleksi modal sehingga kemampuan untuk melakukan ekspansi investasi juga akan meningkat.

Nicke juga menyatakan, selain menjalankan fungsi koorporasi untuk terus mencetak keuntungan bagi perusahaan, Pertamina merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat penugasan khusus dari pemerintah (Public Service Obligation/PSO) yang menyediakan produk migas bagi hajat hidup orang banyak. Termasuk menyalurkan BBM satu harga ke seluruh pelosok negeri.

“Pertamina bangga melaksanakan penugasan ini, sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan merangkul masyarakat kecil terutama masyarakat di wilayah-wilayah terluar,” kata dia.

Dengan peran strategis ini, Pertamina menyalurkan energi ke seluruh pelosok negeri, pemerintah terus mendorong Pertamina untuk menjadi perusahaan yang tumbuh dan tetap mencatat keuntungan.

Di saat yang sama pemerintah juga terus berkomitmen untuk terus mendorong Pertamina agar bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

 

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.