Home / Maritim / Pemerintah Ajak Nelayan Sumbawa Manfaatkan Ekonomi Digital
Sumber foto: https://jpp.go.id

Pemerintah Ajak Nelayan Sumbawa Manfaatkan Ekonomi Digital

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal (Kemendes PDT), Samsul Widodo, mengajak para nelayan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk pemasaran produk unggulan di daerah tertinggal sehingga petani dapat menjual produknya secara langsung kepada konsumen tanpa melalui tengkulak.

“Potensi ekonomi digital ini didukung dengan tingkat pengguna internet di Indonesia yang besar, berdasarkan hasil survei tahun 2017 sebanyak 54,68% dari populasi penduduk Indonesia merupakan pengguna internet,” kata Samsul saat memberi kuliah umum di Universitas Samawa di auditorium Universitas Samawa di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/9).

Samsul berharap, Sumbawa dapat menjual ikan hasil tangkap dari Sumbawa hingga ekspor karena Sumbawa memiliki potensi ikan hasil laut yang besar. Hal tersebut dia lihat dari hasil laut yang ditemukan tim Ditjen PDT di Sumbawa, terdapat ikan tuna seberat 55kg/ekor.

Samsul Widodo menyampaikan, kehadirannya di Sumbawa dalam rangka acara Sail Moyo Tambora 2018, Ia berharap melalui kuliah umum ini bisa membangun sumber daya manusia di Sumbawa ini masa depan yang lebih baik.

“Kita adalah ekonomi digital, Sumbawa punya pasar yang besar seperti Lombok dan Bali oleh karena itu Sumbawa pasti bisa,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Samawa Syafruddin menyampaikan bahwa Universitas Samawa membutuhkan pemikiran dan semangat maju dalam dunia pendidikan. Ia mengatakan kuliah umum dari Dirjen PDT sesuatu yang mahal.

“Ilmu dan pengetahuan itu mahal, namun kuliah umum ini didapatkan gratis dari dirjen PDT,” ujarnya.

 

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Eva Ulpiati

About redaksi

Check Also

Presiden Minta OOC 2018 Berdampak pada Kepentingan Nasional

Presiden Joko Widodo menilai penyelenggaraan Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Bali, pada 29-30 Oktober …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *