Saturday , October 19 2019
Home / Nasional / Rencana Pemindahan Ibukota Bukan Hal Yang Baru

Rencana Pemindahan Ibukota Bukan Hal Yang Baru

Jamaninfo.com, Jakarta – Rencana pemindahan ibukota bukanlah sesuatu yang baru, sebab rencana ini juga sudah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya. Bahkan sejak era Presiden Soekarno dan Soeharto rencana pemindahan ibu kota sudah dicanangkan. Namun karena banyak pertimbangan dan hal lainnya rencana ini tidak juga terealisasikan.

Hal ini disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro dalam acara Forum Merdeka Barat di Kementerian Bappenas, Jakarta, Rabu (10/8).

“Meskipun wacana sudah diangkat sejak presiden Soekarno 1947 dan presiden Soeharto 1980-an tapi pada kesempatan ini, Presiden Jokowi ingin tidak berhenti sebatas wacana tapi pindah konkrit,” ucapnya.

Bambang menyampaikan, Pemerintah sendiri saat ini tengah belajar dari beberapa negara yang sukses memindahkan lokasi ibu kotanya, salah satunya yakni Brasil. Menurutnya, banyak yang mengira kalau ibu kota Brasil adalah Rio de Janeiro. Padahal, ibu kota ini sudah resmi dipindahkan sejak 1960 ke Brasilia.

“Kita berbahagia sekali bisa belajar dari negara yang mempunyai banyak kesamaan meskipun wilayahnya jauh seperti Brasil,” ungkapnya

Bambang juga menyebut meski banyak negara-negara lain yang berhasil memindahkan ibu kotanya, seperti Pakistan, Nigeria, Australia, dan Malaysia, namun dengan Brasil lah yang punya kemiripan dengan Indonesia.

“Kita sama-sama negara anggota G20, juga secara ekonomi negera berkembang dan berpotensi nantinya masuk top 10 ekonomi dengan PDB terbesar. Wilayahnya besar. Bedanya satu, Brasil sifatnya continent dan kita kepulauan,”.(Puput)

About redaksi

Check Also

Melebihi Target

Unicorn Indonesia Sukses Melebihi Target Pemerintah

JamanInfo.com– Jakarta (18/10), Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan tiga Unicorn di awal periode Kabinet Kerja. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *