Wednesday , December 11 2019
Home / Pangan / Volume Ekspor Bawang Merah Meningat Tiap Tahun
Kredit foto: http://yogyakartanews.com

Volume Ekspor Bawang Merah Meningat Tiap Tahun

Program khusus peningkatan produksi bawang merah yang dilakukan Kementerian Pertanian membuahkan hasil gemilang. Tak sekedar sukses swasembada, program itu juga mencetak hatrick ekspor bawang merah dengan volume semakin meningkat tiap tahunnya.

“Tahun 2017 lalu kita bisa naikkan ekspor hampir 10 kali lipat dari tahun 2016. Tahun 2018 kita optimis bisa ekspor bawang merah 15 ribu ton atau naik 100 persen dari 2017,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi saat berkunjung di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Rabu (5/9).

Menurut Suwandi, kunci sukses program tersebut adalah pada penataan dan pengembangan sentra proporsional antar Pulau. “Hamparan bawang merah skala luas tidak hanya di Brebes, Cirebon atau Nganjuk, tapi sudah menyebar di Solok, Bangli, Tabanan, Bima, Sumbawa, Belu, Malaka, Maluku Tenggara, Enrekang, Tapin dan daerah lainnya,” jelasnya.

“Di Bangli ada 1200 hektar  kawasan bawang merah tersebar di wilayah Danau Batur. Kabupaten Bangli dan Tabanan cukup untuk memasok pasar Bali,” imbuh Suwandi.

Suwandi menjelaskan bahwa kawasan tersebut sudah berkembang dari aspek hulu hingga hilir. Bahkan, tindakan pasca panen dan penyimpanan juga sudah mulai dikembangkan. “Mulai industri skala rumah tangga mengolah menjadi krupuk, kripik, bawang goreng,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli, Wayan Sukartana mengatakan, petani di kawasan tersebut menggunakan varietas lokal kintamani, bali karet, biru lancor, super philip dan bima brebes.

“Dalam setahun bisa tanam 2-3 kali, tergantung ketersediaan air yang mengandalkan sumber air Danau Batur,” paparnya.

 

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Rahmawati Alfiyah

About redaksi

Check Also

Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah Tekan Angka Stunting di Indonesia

Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah Tekan Angka Stunting di Indonesia

JamanInfo.com – Jakarta (31/10), Pembangunan sumber daya manusia merupakan salah satu program prioritas di periode …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *