Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / Komitmen Indonesia dan Mikronesia Tingkatkan Hubungan Kedua Negara

Komitmen Indonesia dan Mikronesia Tingkatkan Hubungan Kedua Negara

Pada tahun 1991 lalu, Indonesia dan Federasi Mikronesia membuka hubungan diplomatic. Hingga saat ini hubungan bilateral kedua negara terbilang masih terjaga dengan baik.

Hal itu ditandai dengan kedatangan Presiden Mikronesia Peter Martin Christian yang juga memiliki darah keturunan Maluku. Menurut Presiden Joko Widodo, kedatangan Presiden Mikronesia merupakan momentum baru dalam meningkatkan hubungan kedua negara.

“Kunjungan Presiden Christian ke Indonesia menjadi tonggak baru bagi hubungan kedua negara. Sebuah hubungan yang saling menghormati dan saling menguntungkan,” ujar Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7).

Selain sebagai sesama negara Pasifik, Indonesia dan Federasi Mikronesia juga memiliki banyak kesamaan. Kedua negara ini diketahui sebagai negara kepulauan, Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki 17.000 pulau.

Berkaitan denga hal itu, dalam pertemuan bilateral, kedua negara ini bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang maritime dan konektivitas antarpulau.

“Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antarpulau. Presiden Christian besok akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung,” ungkap Presiden Jokowi.

Sementara itu, dalam bidang ekonomi, kedua negara juga sepakat untuk lebih mempererat interaksi antara pengusaha kedua negara. Secara khusus Presiden Jokowi memberikan undangan kepada para pengusaha Federasi Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018 pada bulan Oktober mendatang.

“Untuk mendekatkan hubungan kedua negara, Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk Federasi Mikronesia,” imbuh Presiden Jokowi.

Adapun untuk melekatkan hubungan antara masyarakat kedua negara, Indonesia juga menawarkan beasiswa, pertukaran pelajar, dan kerja sama pembangunan di berbagai bidang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi bagi Federasi Mikronesia atas komitmen dan dukungannya bagi Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Terkait hal ini, kedua negara berkomitmen kuat untuk mempererat kerja sama dalam berbagai forum internasional.

“Saya sangat menghargai konsistensi komitmen Federasi Mikronesia untuk menghormati integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita sepakat untuk memperkuat kerja sama dalam berbagai forum di Pasifik Selatan antara lain melalui kerja sama di Pacific Islands Forum,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kesepakatan yang sama, Presiden Christian menyampaikan keinginan Mikronesia untuk memiliki hubungan yang lebih kuat dan berarti dengan Indonesia. Ia menyambut baik usulan sejumlah program seperti pertukaran pelajar antara kedua negara.

“Indonesia dan Mikronesia memiliki hubungan diplomatik selama lebih dari 27 tahun lamanya yang merupakan hubungan yang sangat hangat. Tapi kita tidak hanya menginginkan hubungan yang hangat, tapi juga hubungan yang konkret, jelas, dan berarti,” tandasnya.

Selain itu, Presiden Christian menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia yang berhasil terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ia percaya bahwa Indonesia mampu turut berperan dalam menangani sejumlah permasalahan dunia melalui Dewan Keamanan PBB.

“Kita juga sangat senang dan bangga bahwa Indonesia telah berhasil menjadi anggota dari Dewan Keamanan PBB. Sebagai bagian dari Dewan Keamanan tersebut saya yakin Indonesia akan mengemban amanahnya dengan baik untuk mendorong pembangunan yang lebih inklusif untuk semua masyarakat,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, kedua pemimpin negara bersama-sama menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman mengenai pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas kedua negara.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Negara Federasi Mikronesia Christopher I. Christian.

 

Sumber: Biro Pers Setpres

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.