Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / ‘Pulang Kampung’ Presiden Mikronesia ke Indonesia

‘Pulang Kampung’ Presiden Mikronesia ke Indonesia

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Federasi Mikronesia, Peter Martin Christian, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7).

Kunjungan Presiden Mikronesia ke Indonesia itu akan dilanjutkan dengan serangkaian agenda kunjungan ke Kota Bandung dan Kota Ambon.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kedatangan Presiden Mikronesia menjadi kehormatan tersendiri bagi Indonesia, Sebab, Indonesia diketahui memiliki tempat tersendiri bagi Presiden Mikronesia yang mulai menjabat tahun 2015 lalu itu.

“Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia yaitu keturunan Maluku generasi ketiga di Mikronesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam kunjungannya kali ini, Presiden Christian diagendakan akan mengunjungi Ambon yang diakui sendiri olehnya sebagai tanah kelahiran nenek moyang beliau.

“Dalam kunjungan ke Indonesia ini beliau juga akan pulang kampung ke Ambon. Ini merupakan bukti bahwa ikatan antarmasyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden Christian menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan bahwa kunjungannya ke Indonesia ini, selain dalam kapasitasnya sebagai presiden, merupakan kunjungannya sebagai peziarah ke tanah nenek moyang.

“Bapak Presiden, saya ingin mengucapkan terima kasih atas upayanya yang memungkinkan saya mengunjungi Ambon, tanah nenek moyang kami. Sebagai tambahan dari kunjungan saya sebagai presiden, ini juga merupakan kunjungan saya dalam kapasitas sebagai peziarah ke tanah nenek moyang,” ucapnya.

Untuk diketahui, iring-iringan kendaraan rombongan Presiden Mikronesia memasuki area Istana Kepresidenan Bogor sekira pukul 10.00 WIB.

Ketibaannya disambut dengan pasukan nusantara, korps musik, dan pasukan berkuda oleh Paspampres. Para pelajar SD dari Kota Bogor yang mengenakan pakaian adat Nusantara turut menyemarakkan suasana dengan mengibarkan bendera kedua negara.

Dalam penyambutan tamu negara kali ini, turut dilakukan penanaman pohon oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Christian di halaman belakang Istana Bogor. Jenis tanaman yang ditanam keduanya ialah pohon ulin atau kayu besi.

 

Sumber: Biro Pers Setpres

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.