Saturday , October 19 2019
Home / Olahraga / Pemerintah Fasilitasi Gamers dalam Ajang Esports

Pemerintah Fasilitasi Gamers dalam Ajang Esports

Pemerintah Indonesia memfasilitasi para gamers untuk mengikuti pertandingan Esports. Kompetisi itu akan dihelat dari Januari hingga Maret mendatang dengan memperebutkan trophi Piala Presiden Esports.

“Piala Presiden Esports 2019 merupakan wujud nyata keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan nilai sportivitas, nilai kebangsaan, manfaat ekonomi, dan pembinaan talenta Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko pada konferensi pers, di Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1).

Menurut Moeldoko, Presiden Joko Widodo melihat banyak putra dan putri Indonesia yang memiliki minat dan talenta terhadap olah raga elektronik.

Minat dan talenta ini harus diberikan ekosistem yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, dedikasi tinggi, saling menghormati, dan kerja bersama.

Ekosistem ini dapat terwujud apabila ada perhatian dari pemerintah dalam bentuk dukungan pembangunan manusia, dukungan ekonomi, dan dukungan infrastruktur.

“Nilai sportivitas Esports ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk mengajarkan generasi muda untuk tetap menghormati orang lain dan generasi lain. Kembangkan value yang ada di Esports, seperti disiplin, kerj asama, dan kolaborasi,” ujarnya.

Moeldoko menuturkan bahwa melalui Piala Presiden Esports 2019, Presiden ingin industri Esports Indonesia semakin berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

“Ini juga untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020,” ungkapnya.

Peluncuran gelaran Piala Presiden Esports 2019 juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpor) Imam Nahrowi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dan Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) sekaligus Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2019 Giring Ganesha.

Hadir pula Duta Piala Presiden Esports 2019 Justin ‘Jess No Limit’, youtubers yang juga Juara Dunia Mobile Legend Season 6.

Piala Presiden Esports 2019 digelar di delapan daerah mempertandingkan game Mobile Legends. Game ini dipilih karena menjadi salah satu primadona permainan para gamer saat ini.

Turnamen regional akan digelar di delapan daerah, yaitu di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center 9-10 Februari 2019, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar, 16-17 Februari 2019, The Park Mall Solo dan Manado Town Square, 23-24 Februari 2019, Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi 2-3 Maret 2019.

Babak kualifikasi diikuti 512 pemain dari masing-masing regional. Selanjutnya, tim terbaik dari delapan kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL.

Setelah itu, mereka yang lolos akan bersaing di babak Grand Final Piala Presiden 2019 di Istora Senayan, Jakarta pada akhir Maret 2019 yang akan dihadiri Presiden.

Presiden IESPL Giring Ganesha mengungkapkan, Presiden Jokowi secara langsung menginspirasi kompetisi ini dan menginginkan kemajuan ekosistem Esports.

“Presiden menegaskan agar anak muda Indonesia memanfaatkan Esports untuk berkarya dan berprestasi,” kata Giring.

Giring memaparkan, saat ini ada 50 juta pemain video game di seluruh Indonesia. “Perkembangan pesat ini tak lepas dari stabilnya jaringan internet di Indonesia dan meluasnya transaksi secara daring sebagai bukti pertumbuhan ekonomi digital kita,” pungkasnya.

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Eva Ulpiati

About redaksi

Check Also

Menpora Sudahi Ketegangan KPAI dan PB Djarum, Ini Kesepakatannya

JamanInfo, Jakarta – Kamis (12/9) Polemik antara Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dengan PB Djarum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *