Bela Negara Salah Satu Cara Mencintai Indonesia

by -310 views
foto : anggota MPR RI, Bachrudin Nasori
Jaman.or.id, Nasional (21/6) – Semakin rendahnya semangat tanah air dikalangan pemuda menjadikan anggota MPR RI, Bachrudin Nasori melakukan sosialisasi empat pilar kepada ratusan kader Sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada DPAC PKB se dapil V (kec Jatinegara,Bojong,Bumijawa) bertempat Di SMK Hasyim Asy’ari di Kabupaten Tegal.  Sosialisasi pilar kebangsaan dengan tema yang diusung dalam acara sosialisasi ini adalah Kewajiban Bela Negara bagi seluruh warga indonesia.

Pak Bach sapaan akrannya mengatakan Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

“Bela negara tidak mesti kita melakukan pertempuran fisik. tetapi warga negara bisa berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara . baik itu melalui pendidikan, moral, sosial ataupun hal hal lain,” ujar Pak Bach di SMK Hasyim Asy’ari Bojong, Kamis (21/04/2016).

Menurutnya, Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. “Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,” lanjutnya.

Dirinya pun mengingatkan agar setiap pelajar melakukan budaya bela negara dalam bentuk lainnya. Misalnya dengan taat pada hukum dan semangat meningkatkan belajar di sekolah.

“Salah satu tindakan bela negara adalah melakukan pelestarikan budaya. Belajar dengan rajin bagi para pelajar. Taat akan hukum dan aturan-aturan negara, dan mencintai Produk dalam negeri. dengan kita melakukan seperti itu bangsa indonesia bisa menjadi bangsa yang kuat,” tuturnya.(Priyo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.