JAMAN: Aksi 313 Tidak Perlu Dilakukan

by -273 views

Jaman, Nasional (31/3), Forum Umat Islam (FUI) hari ini dijadwalkan akan melaksanakan aksi damai bertajuk aksi 313. Tuntutan di dalam aksi tersebut adalah meminta Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dicopot dari jabatannya karena berstatus terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama.  

Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) Iwan Dwi Laksono menilai bahwa aksi tersebut tidak perlu dilakukan. Pasalnya, Ahok saat ini sudah diproses secara hukum dan sampai saat ini prosesnya masih berjalan di pengadilan.

“Pak Ahok kan sudah diproses secara hukum, mari kita menghormarti proses hukum yang berjalan,” kata Iwan di Jakarta.

Iwan menduga bahwa aksi tersebut syarat akan kepentingan politik. Hal itu terjadi lantaran saat ini sudah mendekati proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua “Sebentar lagi kan putaran kedua, ada pihak yang ingin bermain dengan isu ini,” cetusnya.

Iwan menambahkan bahwa isu yang dibawa dalam aksi tersebut membawa misi yang sudah melenceng dari proses hukum yang berjalan. Pasalnya, tuntutan awal dari aksi-aksi sebelumnya adalah meminta agar Ahok diproses secara hukum. “Tuntutannya kan sudah dipenuhi, tapi kok bawa misi lain yang melenceng,” tambahnya.

Menurut Iwan, aksi tersebut kontraproduktif dengan kemajuan demokrasi yang sudah lebih baik saat ini. Setiap warga negara berhak untuk menyampaikan pendapat, termasuk dengan melakukan demonstrasi. Namun, jangan diarahkan pada kepentingan-kepentingan yang memundurkan demokrasi.

“Ini jelas kontraproduktif dengan demokrasi kita. Kepentingan sesaat telah memundurkan demokrasi,” tutup Iwan.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.