Jaman Bergerak, Garut Dalam Situasi Darurat Bencana

by -272 views

Foto : Kondisi Bencana Garut
JAMAN, Nasional (21/9) – Bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi pada Selasa (20/9) malam di kabupaten Garut mengejutkan warga Garut yang terkena dampak musibah.

Rofiq Firdaus Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) mengadakan aksi solidaritas bencana banjir bandang Garut dengan membuka posko bantuan bencana Garut.

Menurut Rofiq, data bencana banjir di Garut yang berhasil dihimpun antara lain : 

1. Cibodas Kec. Bayongbong 11 rumah terendam.

2. Jayawaras kec. Tarogong kidul 30 rumah terendam.

3. Meninggal 17 orang ( data sementara dari askin).

4. Cipacing kec cibatu 8 rumah terendam.  1 orang meninggal.

5. Ancol kersamenak  8 rumah terendam.

6. Salam gede kersamenak terendam 60 rumah.

7. Sukakarya Tarogong kidul : Terendam 200 rumah. Meninggal 17 orang.

8. Cimacan tarogong kidul terendam 60 rumah.

9. Cicadas kersamenak :  1 Rumah Hancur,  4 rumah retak.

10. Pasanggrahan Cilawu 1 orang meninggal karena longsor.

 
Sementara itu Bupati Garut, Rudy Gunawan seperti di kutip dari media Garut Ekspres, langsung meninjau sejumlah lokasi bencana.

“Garut dalam situasi darurat bencana. Saya imbau agar semua warga meningkatkan kewaspadaan,” kata Bupati saat meninjau lokasi banjir di RSUD dr. Slamet Garut, Rabu (21/9) dini hari.

Rudy mengatakan dirinya telah menginteuksikan BPBD agar segera memberika pertolingan kepada warga yang terdampak musibah banjir dan longsor. Sampai saat ini dirinya belum mengetahui data kerugian dan korban akibat banjir yang tiba-tiba menyapu kota Garut dan sekitarnya.

“Untuk korban masih dihitung dan diidentifikasi dulu. Nanti setelah pertolongan dilakukan akan didata,” katanya.

Rudy menyatakan, 8 jembatan dari Kota Garut sampai Limbangan dinyatakan berbahaya. Pasalnya banjir meluap sampai di atas jembatan.

Menurutnya, peristiwa seperti ini baru terjadi di Garut. Sehingga ia menyatakan Garut darurat bencana.

Masih menurut Rudy, dirinya sempat syok saat meninjau lokasi banjir di RSU. dr. Slamet ada yang meninggal di parkiran. Oleh sebab itu, ia akan turun langsung memberikan komando untuk memberikan pertolingan kepada warga yang terkena dampak banjir.

Lokasi bencana menurut pantauan tim relawan ada di beberapa lokasi mulai dari daerah garut selatan, longsor di daerah batu tumpang cikajang garut, meluapnya air cimanuk dengan ketinggian sampai 4m, lokasi jembatan cimanuk jl. Cimanuk, jembatan cimanuk jl pembangunan, jembatan cimanuk jl. Perintis kemerdekaan sampai rsu dr slamet garut pun terendam dan pemerintahan setempat mengatakan garut dalam kondisi siaga satu.

Untuk anda yang ingin memberikan bantuan dan solidaritas Bencana Garut, bisa menghubungi Ketua DPK Jaman Kabupaten Garut, Rofiq Firdaus di Nomor handphone/whatsapp +62 896-4977-8489

“mohon doanya dari kawan-kawan Jaman seluruh Indonesia semua….kami masih terus memantau perkembangan”, harapnya.(Red/Ge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.