Home Nasional Kementerian BUMN Pastikan Layanan Publik Segera Normal Kembali

Kementerian BUMN Pastikan Layanan Publik Segera Normal Kembali

61
0
SHARE
https://jpp.go.id

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan gerak cepat dalam memulihkan layanan telekomonikasi dan layanan energi pasca terjadi Tsunami Selat Sunda yang menimpa dua daerah, yakni Banten dan Lampung.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah memastikan bahwa seluruh layanan TelkomGroup baik seluler maupun non seluler tetap berfungsi secara normal pasca terjadinya bencana tsunami.

Selain itu, dengan kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas LPG, dimana PT Pertamina (Persero) telah memastikan bahwa fasilitas BBM dan LPG dalam kondisi aman dan beroperasi normal.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro mendorong agar BUMN yang berbasis layanan publik dapat segera beroperasi normal kembali. Ia meminta agar masyarakat tidak terlalu mengkhawatirkan berhentinya layanan publik.

“Ini wujud komitmen BUMN yang akan selalu hadir untuk masyarakat ketika dilanda bencana,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/12).

PT Pertamina telah menyiagakan 425 pangkalan elpiji 3 kg di wilayah Kabupaten Pandeglang guna mengamankan pasokan pasca-bencana tsunami.

Dengan rincian sebanyak 121 pangkalan disiagakan tersebar di 10 Kecamatan terdampak tsunami di Kabupaten Pandeglang. Sedangkan 304 pangkalan lainnya tersebar di wilayah kabupaten Pandeglang yang tidak terdampak tsunami.

Imam menuturkan, recovery listrik oleh PT PLN (Persero) telah mencapai 95%. PLN telah berhasil memulihkan seluruh gardu  yang sebelumnya padam.

“Hal yang sama juga berhasil dilakukan di Lampung, dimana dari 22 gardu yang padam, sudah berhasil dipulihkan kembali sebanyak 20 gardu,” katanya.

Untuk mempercepat proses mendirikan tiang PLN juga telah mendatangkan 9 mobil crane dari Unit Induk jakarta raya dan Banten. PLN juga mengerahkan 31 pasukan mobil untuk mobilisasi tekhnis maupun non teknis.

Selain itu, adapun PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mengerahkan KMP Jatra III, dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Sebesi untuk mengevakuasi penduduk di pulau tersebut.

“Berbekal pengalaman cepat tanggap ketika bencana gempa Lombok dan Palu, kami yakin BUMN mampu berkolaborasi dengan baik bersama BNPB dan TNI/Polri dalam menanggulangi bencana Tsunami di Banten dan Lampung,” tandas Imam.

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Puput KJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here