Home Nasional Kompetisi Robotik Madrasah 2018 Digelar Awal November

Kompetisi Robotik Madrasah 2018 Digelar Awal November

116
0
SHARE
Sumber foto: https://kemenag.go.id

Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition(MRC). Kali ini, kompetisi akan berlangsung di Depok Town Square, 3-4 November 2018.

MRC merupakan program tahunan Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah. MRC kali pertama digelar pada 2015 di Jakarta. Ajang ini bertujuan mewadahi kreativitas siswa-siswi madrasah di bidang Robotik.

“Tahun ini kami mengangkat tema Robot Rescue. Jadi, robot-robot yang akan dilombakan harus memiliki kemampuan untuk mitigasi bencana. Tema ini kami pilih untuk mengajak siswa-siswi madrasah ini memiliki kesadaran akan bencana dan menyiapkan pencegahan dan penanganannya,” jelas Direktur KSKK Madrasah, Kementerian Agama, Ahmad Umar, di Jakarta, Jumat (05/10).

Menurut Umar, kompetisi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi madrasah secara nasional ini dibagi ke dalam dua jenis lomba. Pertama, Rancang Bangun Mesin Otomatis Bencana untuk tingkat MI, MTs dan MA dan kedua, Rescue Robot Mobile untuk tingkat MTs dan MA.

Berbeda dengan sebelumnya, MRC kali ini membuat banyak kategori untuk pemenang di setiap jenis lomba. Selain juara I, II dan III, tahun juga dilakukan penilaian untuk kategori konstruksi, logaritma, design, performance, dan orisinalitas ide.

“Pemenang akan semakin banyak dan meriah,” tambah Umar.

Umar mengajak kepala madrasah untuk mendaftarkan siswa-siswinya pada MRC 2018.  Kuota peserta tahun ini cukup banyak, 20 tim untuk jenjang dan jenis lomba.

 

Sumber: https://kemenag.go.id

Editor: Rahmawati Alfiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here