Home Nasional Menteri ESDM: Pemerintah Usahakan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun...

Menteri ESDM: Pemerintah Usahakan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun 2019

48
0
SHARE
Sumber foto: http://setkab.go.id

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa Pemerintah saat ini sedang mengusahakan agar tidak ada kenaikan tarif listrik hingga akhir tahun 2019 mendatang.

Jonan menjelaskan, sesuai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) ada target elektrifikasi 97,5% di akhir 2019. Namun sampai kwartal ketiga 2018 rasio elektrifikasi telah mencapai 98,05%.

“Tahun 2015 masih 88,3%, tahun 2016 sebanyak 91,2%, tahun 2017 sampai 95,3%. Jadi ini mungkin sampai akhir tahun 98,25% atau 98,3%. Targetnya sampai akhir tahun depan 99,9%,” kata dia pada konperensi pers 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, di aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Rabu (24/10).

Jonan mengingatkan, pemerataan layanan kelistrikan atau yang disebut rasio elektrifikasi ini lebih penting daripada pembahasan mengenai penyelesaian pembangkit. “Sebab, kalau pembangkitnya jadi kalau tidak kabelnya kan juga tidak bisa. Jadi yang penting itu ada 2, satu kapasitas pembangkit, yang kedua adalah sistem jaringan transmisi dan distribusi,” ujarnya.

Jonan menuturkan, terdapat 2 persen sisa target elektrifikasi yang belum diselesaikan oleh Pemerintah. Ia menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 5 juta jiwa penduduk Indonesia yang belum mendapatkan pelayanan listrik.

“Sama dengan 1 negara Singapura yang belum dilayani listriknya. Nah ini yang akan menjadi target mati-matian, insyaallah akhir tahun depan bisa mencapai 99,9%,” terangnya.

Jonan menjelaskan bahwa dalam pemanfaatan energi yang berkeadilan itu terdapat dua komponen, yakni ketersediaan dan keterjangkauan. “Nah keterjangkauan pemerintah sudah memutuskan bahwa sampai dengan akhir 2019 itu diusahakan tidak ada kenaikan tarif tenaga listrik,” tegasnya.

 

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Rahmawati Alfiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here