Home / Maritim / Olah Garam Impor Jadi Garam Konsumsi, Bareskrim Tangkap Dirut PT GSA

Olah Garam Impor Jadi Garam Konsumsi, Bareskrim Tangkap Dirut PT GSA

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri melakukan penangkapan terhadap Diraktur Utama PT Garindo Sejahtera Abadi (GSA) terkait persoalan importasi garam. PT GSA diduga melakukan pengolahan garam industri menjadi garam konsumsi. Setidaknya terdapat 40 ton garam impor di sita oleh Bareskrim di Surabaya.

“Penangkapan terkait garam impor yang diupayakan atau diolah sedemikian rupa menjadi garam konsumsi. Penangkapan di Gresik, Surabaya, sebanyak 40 ribu ton,” ujar Wakil Direktur Tipideksus Bareskrim Kombes Daniel Tahi Monang Silitonga di Bareskrim, Jakarta, Senin (28/5).

Daniel menyampaikan bahwa garam impor tersebut dikemas menjadi garam dapur. Terkait peredarannya, garam yang telah dikemas tersebut diedarkan di Jawa dan Kalimantan.

“Setelah diolah, maka dipak secara kemasan, untuk konsumsi garam dapur dengan merek Gadjah Tunggal, garam meja 175 gram dibuat sedemikian rupa. Ini sudah mulai beredar di Jawa, Kalimantan. Sudah dijual di warung-warung, tapi ini baru permulaan. Kita lakukan penangkapan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa garam impor tersebut didatangkan dari Australia dan India. “Jadi ada beberapa jenis, ada dari Australia dan India. Kalau (garam) Australia jenisnya agak putih. Kalau (garam) India, agak sedikit gelap,” jelas Daniel.

Daniel menyatakan bahwa Bareskrim telah menetapkan satu orang tersangka. Selain itu, Polri juga telah menyita beberapa barang bukti berupa garam konsumsi dan bahan baku garam.

“Satu tersangka sudah kita lakukan penahanan dengan inisial MA sebagai Dirut PT GSA. Saat ini berada di Polda Metro. Saat ini kita masih selidiki untuk selanjutnya,” kata dia.

 

Reporter: Mulyadi

About redaksi

Check Also

Presiden Minta OOC 2018 Berdampak pada Kepentingan Nasional

Presiden Joko Widodo menilai penyelenggaraan Our Ocean Conference (OOC) 2018, di Bali, pada 29-30 Oktober …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *