Home / Nasional / Pimpin Ratas, Presiden Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Segera Diselesaikan
Sumber foto: http://setkab.go.id

Pimpin Ratas, Presiden Minta Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Segera Diselesaikan

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo agar mengawal rehabilitasi yang berkaitan dengan rekonstruksi, baik yang berada di Lombok (NTB), kemudian yang ada di Palu, Donggala (Sulawesi Tengah), dan juga Banten maupun Lampung.

“Dikawal implementasinya agar segera bisa diselesaikan terutama yang di NTB kemudian berlanjut ke Sulawesi Tengah dan baru ke Lampung dan Banten,” kata Presiden saat menyampaikan pengantar pada Rapat Terbatas mengenai Peningkatan Kesiagaan Menghadapi Bencana, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (14/1).

Terkait dengan sistem peringatan dini, Presiden meminta agar ada evaluasi dan pengecekan di lapangan, pengujian dan pengorganisasian sistem peringatan dini.

“Ini betul-betul semuanya berada pada posisi yang baik, dan rakyat bisa tahu. Sehingga korban yang ada bisa kita hilangkan dan kita minimalkan,” ujarnya.

Mengenai  edukasi kebencanaan, Presiden berharap agar pada akhir bulan ini sudah dapat dimulai, baik Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan juga di masyarakat.

“Saya ingin ini terus digerakkan di semua daerah, terutama di daerah-daerah yang rawan bencana,” tegasnya.

Mengenai kesiapan manajemen, Presiden mengingatkan agar sinergi antara lembaga yang terlibat dalam penyelesaian bencana dapat dilakukan dengan baik.

“Betul-betul koordinasi, sinergi antar lembaga yang terlibat dalam bencana ini betul-betul merespon secara cepat. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, relawan, PMI, Ormas dan lembaga-lembaga donor,” pungkasnya.

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Eva Ulpiati

About redaksi

Check Also

Tegas Pilih Jokowi, Butet Jadikan Papua Sebagai Alasan

Jamaninfo.com, Jakarta – Seniman kenamaan Indonesia, Butet Kertaradjasa memberikan dukungan terbukanya bagi calon presiden nomor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *