Home Nasional Presiden Lantik 16 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh

Presiden Lantik 16 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh

100
0
SHARE
Sumber foto: https://jpp.go.id

Presiden Joko Widodo melantik 16 duta besar (dubes) baru untuk sejumlah negara, di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/1).

Para dubes tersebut dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 1/T Tahun 2019 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI.

Adapun 16 dubes yang dilantik, yakni Abdul Kadir Jaelani sebagai dubes untuk Kanada merangkap ICAO, Abdurachman Budiono Dimas Wahab sebagai dubes untuk Republik Hungaria, dan Al Busyra Basnur sebagai dubes untuk Republik Demokratik Federal Etiopia merangkap Republik Djibouti dan African Union.

Kemudian Arrmanatha Christiawan Nasir sebagai dubes untuk Republik Perancis merangkap Kepangeranan Andorra, Keharyapatihan Monaco, dan UNESCO, serta Cheppy T Wartono sebagai dubes untuk Republik Meksiko Serikat merangkap Belize, Republik El Savador, dan Republik Guatemala.

Selanjutnya, Dewa Made Juniarta Sastrawan dilantik sebagai dubes untuk Republik Zimbabwe merangkap Republik Zambia, Edy Yusup sebagai dubes untuk Republik Federasi Brasil dan, Hajriyanto Thohari sebagai dubes untuk Republik Lebanon.

Selain itu, Julang Pujianto sebagai dubes untuk Republik Suriname merangkap Republik Guyana, Lalu Muhammad Iqbal sebagai dubes untuk Republik Turki, Mahendra Siregar sebagai dubes untuk Amerika Serikat, Muhammad Anshor sebagai dubes untuk Republik Chili, dan Siti Nugraha Mauludiah sebagai dubes untuk Republik Polandia.

Sedangkan Sunaryo Kartadinata sebagai dubes untuk Republik Uzbekistan merangkap Republik Kirgizstan, Tri Tharyat sebagai dubes untuk Kuwait, serta Wajid Fauzi sebagai dubes untuk Republik Arab Suriah.

Para dubes yang dilantik mengucapkan sumpah jabatan yang dibimbing oleh Presiden. Dalam acara itu, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Tampak pula Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perhubungan Budi Karya sumadi, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakil KSAD Letjen Tatang Sulaiman, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Puput KJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here