Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / Presiden Sampaikan Duka Cita atas Bencana Gempa Bumi di Lombok

Presiden Sampaikan Duka Cita atas Bencana Gempa Bumi di Lombok

Presiden Joko Widodo secara pribadi dan atas nama masyarakat Indonesia, mengucapkan duka yang mendalam atas banyaknya warga di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang meninggal karena gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) yang mengguncang daerah tersebut, Minggu (5/8) malam.

Ia juga telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto untuk mengkoordinasikan penanganan yang timbul akibat gempa tersebut, khususnya yang menyangkut masalah evakuasi terhadap korban yang meninggal maupun luka-luka.

“Tadi malam saya sudah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto untuk mengkoordinasi seluruh jajaran yang terkait dengan ini, baik BNPB, Mensos, TNI, Polri, dan yang lainnya agar penanganan masalah gempa bisa dilakukan secepat-cepatnya, baik yang evakuasi korban yang meninggal maupun yang luka-luka untuk segera ditangani,” katanya disela-sela meninjau venue pencak silat di TMII, Jakarta, Senin (6/8).

Presiden berpesan agar penanganan terhadap wisatawan dilakukan sebaik-baiknya. “Jangan sampai ada pelayanan yang kurang, terutama pengaturan jadwal penerbangan yang kemarin malam banyak yang tertunda,” tuturnya.

Terkait logistik, Presiden menyatakan bahwa Minggu (5/8) malam sudah diluncurkan ke NTB. “Termasuk dokter-dokter juga sudah meluncur semuanya ke NTB,” tegasnya.

Mengenai kemungkinan kunjungannya ke lokasi gempa, Presiden menegaskan bahwa dirinya telah menugaskan Menko Pulhukam untuk penangannya selanjutnya.

Ia mengkhawatirkan jika berkunjung hanya akan menganggu konsentrasi aparat yang sedang bekerja di lapangan.

“Saya akan mencari waktu yang pas agar tidak  mengganggu seluruh proses-proses evakuasi, proses-proses penanganan yang ada di lapangan,” tandas Presiden.

Sementara itu, terkait kemungkinan ganti rugi terhadap bangunan yang rusak akibat gempa, Presiden menyampaikan akan melihat dulu keadaan di lapangan karena berbeda (dengan gempa sebelumnya), sekarang 7 SR.

“Nanti akan kita putuskan setelah kita melihat di lapangan, pemerintah akan memberikan bantuan, jumlahnya belum (ditentukan),” pungkasnya.

 

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.