Rakerda Jaman Sumsel Rumuskan 3 Isu Strategis

by -143 views

Jaman, Palembang (1/1) – Sebagai organisasi yang mengusung cita cita kemandirian nasional Jaringan Kemandirian Nasional (Jaman) terus mengkonsolidasikan seluruh tingkatan strukturnya pada agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) . Acara yang akan dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 8 Januari 2017 di Palembang ini mengambil tema Mewujudkan Nawacita untuk kesejahteran rakyat Indonesia.  

Tema ini merupakan pengawalan dan  menyusun programatik serta implementasi janji politik Jokowi – JK pada pilpres 2014 lalu.  

Rakerda sendiri akan membawa isu strategis atau yang sering disebut dengan Trilogi Jaman yaitu Kedaulatan pangan,  kedaulatan energi dan maritim. 

Dalam konteks kedaulatan pangan ada hal yang dibahaa yaitu 3 elemen kebijakan pasokan pangan yaitu perencanan, stabilitas dan ketahanan.

Sedangkan dalam konteks kedaulatan energi bagaimana mewujudkan amanat konstitusi yaitu pasal 33 UUD 1945. 

Dalam hal mewujudkan kemandirian maritim maka jaman secara nasional hingga daerah telah merumuskan beberapa hal strategis yaitu budaya maritim,  sumber daya laut,  konektifitas dan infrastruktur,  diplomasi maritim dan ketahanan maritim semua hal ini telah diadopsi oleh pemerintahan Jokowi – JK.  

Selain merumuskam 3 hal strategis dalam konsepsi program kewilayahan Rakerda juga akan mengusung kader – kader terbaik jaman untuk maju dalam Pilkada 2018 mendatang dan melantik 17 pengurus jaman tingkat kabupaten dan kota serta melantik pengurus Jaman tingkat kecamatan se Kota Palembang. 

Rencana acara ini dihadiri oleh ratusan kader jaman dari 17 kabupaten dan kota,  akademisi,  pimpinan  partai politik. Pejabat daerah disumsel dan organisasi massa rakyat lainya. 

Selain itu acara ini juga akan dibuka oleh Deputi IV Keperesidenan bidang komunikasi politik dan diseminasi Informasi Republik Indonesia Eko Sulistyo. (Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *