Sunday , June 26 2022
Home / Pangan / RNI Gandeng IPB Tingkatkan Riset dan Inovasi Pertanian
Kredit foto: www.bsb-agatho.org

RNI Gandeng IPB Tingkatkan Riset dan Inovasi Pertanian

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk bekerja sama di bidang pendidikan dan penelitian, serta inovasi, dalam upaya meningkatkan daya saing industri pertanian.

“IPB merupakan salah satu perguruan tinggi yang concern dalam riset dan pengembangan bidang pertanian, perkebunan, serta agroindustri, sehingga sangat cocok dengan lini bisnis yang dibidangi RNI,” kata Direktur Utama RNI, Didik Prasetyo, pada seminar nasional dan penandatanganan nota kesepahaman dengan IPB di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/8).

Kerja sama RNI dengan IPB meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengembangan inovasi, komersialisasi inovasi, teaching industry, dan pengabdian masyarakat.

“Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama RNI B Didik Prasetyo bersama Rektor IPB Arif Satria,” ujar Didik.

Menurut Didik, kerja sama dengan IPB wujud kongkrit RNI dalam mewujudkan link and match antara dunia industri dengan pendidikan. “Diharapkan melalui kerja sama di berbagai riset dan inovasi dalam bidang agro dapat diaplikasikan dalam skala industri sehingga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Didik mengatakan bahwa banyak yang dapat dilakukan melalui kerja sama dalam lingkup penelitian, pengembangan serta komersialisasi inovasi.

“Apalagi RNI tengah meningkatkan daya saing dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang membutuhkan pengembangan dan pemanfaatan teknologi dan varietas baru,” tandasnya.

“Pengembangan varietas baru merupakan hal yang harus terus dilakukan dan dikembangkan. Begitu pula pengembangan teknologi serta digitalisasi adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi,” tambah Didik.

Didik menjelaskan bahwa kerja sama ini tidak terbatas pada pemanfaatan hasil riset, tetapi juga kontribusi RNI dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan Tanah Air melalui program magang bersertifikasi.

“Lini bisnis agroindustri RNI cakupannya sangat luas, dari mulai tebu, kelapa sawit, teh, hingga karet. Kami juga punya pusat penelitian agro di Jatitujuh, Majalengka, yang fokus meneliti dan mengembangkan bibit unggul tebu,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IPB Dr Arif Satria mengapresiasi kerja sama tersebut, karena sinergi antara industri dan dunia pendidikan menjadi suatu hal yang wajib dilakukan.

“Dunia pendidikan adalah pondasi di mana industri bertumbuh, karena melalui hasil pendidikan dan penelitian, industri mendapatkan SDM serta inovasi dan berbagai ide pengembangan,” terang Arif.

 

Sumber: https://jpp.go.id

Editor: Eva Ulpiati

About redaksi

Check Also

Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah Tekan Angka Stunting di Indonesia

Ciptakan SDM Unggul, Pemerintah Tekan Angka Stunting di Indonesia

JamanInfo.com – Jakarta (31/10), Pembangunan sumber daya manusia merupakan salah satu program prioritas di periode …

Leave a Reply

Your email address will not be published.