Thursday , December 8 2022
Home / Nasional / Sertifikasi Tanah Kampung Karawang Menggema di Seoul Korea Selatan

Sertifikasi Tanah Kampung Karawang Menggema di Seoul Korea Selatan

Jamaninfo.com, Seoul – Puluhan perwakilan Jejaring Rakyat Miskin (JERAMI) dari berbagai kota hadir dalam pertemuan 50 tahun Leader and Organizers Of Community Organization in Asia (LOCOA) di Korea Selatan. Dalam pertemuan itu dirangkaian dengan kampanye isu dari berbagai negara, salah satu isu JERAMI yang di kampanyekan tentang sertifikasi tanah warga di Kampung Kerawang Kota Bandar Lampung.

Kampung Karawang merupakan sebuah kampung informal yang berdiri pusat ibukota provinsi Lampung. Sejarah terbentuk Kampung Karawang sejak tahun 1970an. Namun seiring perkembangm waktu, jumlah penduduk dari 40 rumah menjadi 100 rumah saat ini, dengan jumlah penduduk 200 Kepala Keluarga dan 830 jiwa.

Selama warga menempati lahan tersebut, pergantian presiden, gubernur hingga Walikot sudah berkali – kali, tetapi tetap tidak ada perhatian sama sekali dari pihak terkait. Karena itu warga sering dianggap ilegal. Dampaknya para mafia tanah kerap kali beraksi mengklaim lahan dan berusaha mengusir warga sejak dulu.

Aktivis JERAMI yang sedang aksi kampanye di Korea Selatan hari ini (21/10) , ikut menyuarakan percepatan sertifikasi lahan warga Kampung Karawang Bandar Lampung, agar warga mendapatkan hak atas tanah sehingga dapat bermukim dengan tanpa gangguan para mafia – mafia tanah yang sering beroperasi di Kota Bandar Lampung.

(Laporan Eril)

About redaksi

Check Also

JAMAN Peduli Cianjur, Yuk Salurkan Bantuan Ke Sini

CIANJUR MEMANGGIL Gempa berkekuatan 5,6 SR telah menghancurkan CIANJUR dan sekitarnya. Ratusan jiwa meninggalkan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.