Saturday , August 13 2022
Home / Energi / Udara Bersih untuk Asian Games 2018 dan Forum World Bank di Bali
Foto: Rahmawati Alfiyah/JamanInfo.com

Udara Bersih untuk Asian Games 2018 dan Forum World Bank di Bali

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) R. Niken Widiastutio mentakan bahwa pencemaran udara saat ini menjadi salah satu perhatian pemerintah. Pencemaran udara salah satunya akibat pertumbuhan kendaraan roda 2 (R2) dan roda 4 (R4) yang setiap harinya terus meningkat.

“Sesuai data, saat ini jumlah kendaraan roda 2 di seluruh Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta unit kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 terdata lebih dari 20 juta unit kendaraan,” ujar Niken dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) dengan tema ”BBM Euro 4 Ramah Lingkungan” di Ruang Serba Guna Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat 9, Jakarta, Kamis (9/8).

Menurut Niken, meningkatnya jumlah kendaraan berpengaruh langsung kepada emisi dan kebersihan udara hingga memberikan sumbangan pada pencemaran udara.

“Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan emisi dan menjaga kebersihan udara. Salah satunya dengan penggantian bahan bakar minyak (BBM) Euro 2 beralih ke Euro 4,” jelasnya.

Dalam upaya tersebut, sejumlah kementerian dan lembaga negara telah melakukan sinergi sehingga harapan dan tujuan yang hendak dicapai bisa terwujud, yakni lingkungan bisa menjadi bersih.

“Sehingga udara di Jakarta, khususnya, dan di seluruh wilayah Indonesia pada umumnya, bisa akan semakin bersih. Terlebih, di saat acara perhelatan akbar pesta olahraga se-Asia, Asian Games 2018, dan perhelatan World Bank di Bali. Semoga bisa memberikan kenyamanan untuk masyarakat,” pungkas Niken.

 

Reporter: Rahmawati Alfiyah

About redaksi

Check Also

Kementerian ESDM Hibahkan Sumur Bor di Malang

Kementerian ESDM Hibahkan Sumur Bor di Malang

JamanInfo.com – Malang (17/10), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengalokasikan 50% lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published.