Home Nasional JAMAN Roadshow Ramadhan, Bersih-bersih Masjid dan Buka Bersama

JAMAN Roadshow Ramadhan, Bersih-bersih Masjid dan Buka Bersama

134
0
SHARE

Jamaninfo.com, JAKARTA – Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) kembali menggelar Safari Ramadan 1444 Hijriah. Program yang bertemakan bersih-bersih masjid/mushalla sekaligus buka puasa bersama kini telah memasuki kegiatan ke-2.

Kegiatan amaliyah Ramadan yang dimulai pada tanggal 9 April 2023 lalu dari Jakarta Selatan tersebut, kini, 15 April 2023 telah mencapai Jakarta Utara.

Bertempat di Mushalla Darussalam, Organisasi Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) melakukan silaturahmi bersama dengan warga RW 11 Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan melakukan buka puasa bersama, dan giat bersih-bersih masjid/mushalla.

Acara yang dirangkai dengan khidmat ini dibuka oleh Ketua Mushalla, Ustadz Ali, yang kemudian dilanjutkan oleh A. Iwan Dwi Laksono selaku Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, A. Iwan Dwi Laksono menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Kegiatan buka bersama dapat mendorong lahirnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara warga negara.”

Iwan juga mengingatkan bahwa momentum Ramadan, ibadah puasa merupakan ibadah yang mulia. Nilai puasa ini menjadi acuan, yaitu kejujuran. Filosofi kejujuran, disiplin, kerja keras, mengasah jiwa saling menghargai umat manusia, membangun rasa kesetiakawanan sosial dengan makhluk Tuhan.

“Kami di JAMAN dalam rangka kinerja membumikan nilai-nilai Pancasila juga selalu menggaungkan semangat gotong-royong. Mudah-mudahan momentum ramadan menjadi modal yang kuat memupuk rasa bergotong-royong, bahu-membahu untuk meningkatkan nilai-nilai Pancasila, dan semangat persatuan bagi masyarakat dalam rangka menjalankan apa yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.”

Kemudian, A. Iwan Dwi Laksono kepada sejumlah warga juga mengatakan bahwa momentum buka bersama ini merupakan manifestasi nilai kebersamaan dan gotong-royong yang saat ini mulai terdegradasi dalam kehidupan bermasyarakat. Ditambahkannya, sebagai organisasi kemasyarakatan, JAMAN memiliki satu kesadaran akan terus melakukan upaya persuasif untuk menjaga tenun kebangsaan, juga Pancasila dan kesatuan negara.

Dalam kesempatan yang sama, Ricky Panjaitan, Fungsionaris DPP JAMAN juga menuturkan bahwa acara yang digelar ini membawa pesan bahwa kepentingan bersama memiliki tingkat lebih tinggi ketimbang cara-cara individualistis. Maka JAMAN terus berkomitmen untuk mendiseminasikan nilai-nilai luhur bangsa sembari melawan narasi-narasi perpecahan.

“Semoga segala upaya dan jerih payah pihak yang terlibat dan membantu penyelenggaraan menjadi nilai kebaikan di hadapan Tuhan kelak”, tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here