Home Ekonomi Kelas Menengah Sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia

Kelas Menengah Sebagai Penggerak Ekonomi Indonesia

87
0
SHARE
-

50 juta lebih masyarakat Indonesia saat ini tergolong sebagai kelas menengah atas. selain itu, terdapat 120 penduduk Indonesia merupakan kelas menengah harapan (aspiring middle class). Saat ini, lebih dari 50 juta rakyat Indonesia tergolong kelas menengah atas dan 120 juta penduduk merupakan aspiring middle class (kelas menengah harapan).

“Yakni kelompok yang tidak lagi miskin dan menuju kelas menengah yang lebih mapan,” tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Selasa (22/1).

Sri Mulyani menjelaskan mengenai proyeksi ekonomi Indonesia khususnya yang berhubungan dengan kelas menengah, termasuk juga potensi dan peluang yang muncul dalam perekonomian Indonesia 2019-2024.

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2018 lalu, karena guncangan  ekonomi yang disebabkan oleh suku bunga Amerika dan perang dagang,seluruh dunia mendapatkan imbasnya. Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah dan Bank Indonesia melakukan tindakan yang terukur.

“Kita harus melakukan tindakan-tindakan untuk mengurangi impor, tapi risikonya pertumbuhan ekonomi tertekan. Tapi kita masih bisa menutup pertumbuhan ekonomi dengan baik yang diperkirakan sekitar 5,1-5,2 dan inflasi kita 3,2-3,5 persen ini di situasi di tengah guncangan terjadi dan sering kita tidak melihat sisi ini, terlebih dalam komunikasi politik. Dari capaian ini, APBN kita ditutup dengan defisit 1,76. Ini sangat baik, kita win and win, artinya kita melewati guncangan, growth terjaga dan APBN kita masih bagus,”   ungkapnya.

Dalam acara ini turut hadir Mantan Menteri Keuangan dan Ekonom UI Chatib Basri dan produser dan aktris Happy Salma.

Sumber: www.kemenkeu.go.id

Editor: Puput KJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here