Home / Jaman Bali / Masuk Minggu Tenang, Begini Yang Dilakukan Anggota JAMAN di Bali

Masuk Minggu Tenang, Begini Yang Dilakukan Anggota JAMAN di Bali

JAMANINFO.COM, Denpasar – Empat hari menjelang Pemilu 2019, relawan Joko Widodo dari Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) mulai mencopoti sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di sejumlah tempat. Hal itu untuk mematuhi himbauan yang disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Yoga, Anggota JAMAN Denpasar setelah membersihkan spanduk Cak IDL di sejumlah tempat

Seperti yang dilakukan sejumlah relawan JAMAN di daerah Denpasar, Bali. Di Posko Pemenangan Graha Kemandirian Bali, sebanyak 6 spanduk berukuran besar bergambar Jokowi-Amin dan Ketua Umum Antonius Iwan Dwi Laksono sudah diturunkan. Demikian juga dengan bendera-bendera PKB yang sebelumnya berkibar di posko, sudah tidak nampak lagi. Hanya bendera JAMAN dan spanduk Graha Kemandirian Nasional Bali dan beberapa X Banner saja yang masih ada karena dirasa tidak melanggar aturan.

Hal serupa juga dilakukan Tukino, warga Jalan Tukad Batanghari yang tercatat sebagai anggota JAMAN Bali. Ia dengan sukarela melepas spanduk besar bergambar Ketua Umumnya, yang menjadi Caleg DPR RI dari PKB. Menurutnya, relawan Jokowi harus taat dengan aturan dan hukum yang berlaku.

“Kita harus patuh sama aturan yang ditetapkan penyelenggara Pemilu. Sebagai relawan Jokowi kita mesti patuh,” katanya pada JAMANINFO.COM, Minggu (14/4/2019).

Sementara Yoga, salah satu anggota JAMAN Denpasar menyebut, dirinya juga telah membersihkan beberapa spanduk ucapan selamat datang yang disampaikan Ketua Umum JAMAN kepada Joko Widodo saat berkunjung ke Bali beberapa waktu lalu. Spanduk itu dipasang relawan JAMAN saat Jokowi melakukan peresmian Pasar Tradisional Badung.

Yoga membersihkan spanduk Cak IDL, sapaan akrab Iwan Dwi Laksono di Jalan WR Supratman dan Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Meski tidak berisi ajakan untuk mencoblos Jokowi atau Cak IDL, namun Yoga enggan jika spanduk itu dipermasalahkan caleg lain yang berkompetisi.

Tukino mencopot spanduk di Posko Kemenangan Antonius Iwan Dwi Laksono di Panjer-Batanghari

“Biarpun tidak berisi ajakan memilih, tapi kita tidak ingin memancing pihak-pihak yang ingin mempermasalahkan spanduk ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengingatkan bahwa masa kampanye Pemilu 2019 berakhir pada Sabtu (13/4/2019). Dengan demikian, alat peraga akan dibersihkan mulai hari Minggu (14/4/2019).

“Saat masuk hari tenang, alat peraga kampanye mulai dibersihkan dari jalanan,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin.

Bawaslu akan bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti Satuan Polisi Pamong Praja, dalam melakukan pencopotan atribut kampanye tersebut. Pasalnya, tahapan pemilu memasuki masa tenang hingga Selasa (16/4/2019). Sedangkan pencoblosan akan dilakukan pada Rabu (17/4/2019). sdk

About redaksi

Check Also

Saat Jan Ethes Diajak Main ke Sawah Sama Presiden Waktu Makan Siang

Jamaninfo.com, Bali – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo hari ini berada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *