Home / Ekonomi / Saling Menjatuhkan antar Kekuatan Besar, Presiden: Hubungan Negara-Negara Maju seperti Alur Film ‘Game of Thrones’
Kredit foto: https://series.talkymedia.it

Saling Menjatuhkan antar Kekuatan Besar, Presiden: Hubungan Negara-Negara Maju seperti Alur Film ‘Game of Thrones’

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa kerjasama dan kolaborasi global sangat untuk dilakukan saat ini dalam menghadapi volatilitas eksternal. Menurutnya, dunia saat ini tidak perlu lagi hanya mengedepankan kompetisi dan rivalitas seperti alur film Game of Thrones.

““Tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan ditengah kehancuran. Tidak ada artinya jadi ekonomi yang terbesar diantara ekonomi dunia yang tenggelam,” ujarnya di depan pimpinan ekonomi dari 189 negara di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

Skenario film Game of Thrones berakhir dengan pesan moral bahwa konfrontasi akan membawa masalah bagi siapa saja, baik yang kalah maupun yang menang. Maka dari itu, Presiden, menekankan bahwa menjaga komitmen kerja sama global merupakan hal yang sangat penting.

Ia juga menegaskan bahwa hubungan antara negara-negara maju saat ini sama hal nya dengan alur film Game of Thrones. Kompetisi antara kekuatan besar dan saling menjatuhkan mengakibatkan ketidaksadaran akan adanya ancaman global yang mengancam di depan mata.

“Kerjasama ekonomi selama ini telah membuka banyak kesempatan bagi dunia. Ancaman global hanya bisa ditangani jika kita bekerjasama,” tambahnya.

Presiden menuturkan bahwa saat ini waktu sudah mendesak kepada semua untuk melakukan kolaborasi global. “Segenap pembuat kebijakan global harus berkontribusi untuk mencari kebijakan moneter dan fiskal yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian global,” pungkasnya.

 

Reporter: Eva Ulpiati

About redaksi

Check Also

Dukung SDGs, BI Dorong Peran Ekonomi Syariah

Dalam rangka mendukung tercapainya pertumbuhan berkelanjutan (Sustainable Development Goals-SDGs), Bank Indonesia terus mendorong agar ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *