Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa 5,1 SR Guncang Perairan Timur Laut Maluku

Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa 5,1 SR Guncang Perairan Timur Laut Maluku

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM melaporkan bahwa telah terjadi gempa bumi di perairan timur laut Maluku pada Jumat pagi (22/6) pukul 07:03:31 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada di bawah dasar laut dengan magnitudo 5,1 Skala Ritcter (SR) pada koordinat 6,62o LS dan 131,85o BT pada kedalaman 61 km di bawah dasar laut yang berjarak 114 km timurlaut Maluku Tenggara-Barat, Maluku.

Kepala PVMBG, Kasbani, menyampaikan bahwa berdasarkan data kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan penyebab gempa kali ini berasosiasi dengan aktivitas zona subduksi di Laut Banda.

Ia melaporkan kondisi pulau yang terdekat dengan pusat gempa disusun oleh batuan sedimen berumur Tersier, batuan vulkanik berumur Kuarter dan aluvium berumur Resen.

“Adanya tanah penutup yang tebal yang bersifat, urai dan lepas, akan memperkuat efek dari guncangan gempa,” jelasnya.

Kasbani menjelaskan, meskipun pusat gempa berpusat di dasar laut, namun gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami. “Gempa di perairan timurlaut Maluku ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun berpusat di laut, namun energinya tidak cukup menimbulkan tsunami,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korban yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini.

Kasbani menghimbau masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat.

“Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang energinya lebih kecil dari gempa utama,” tutupnya.

 

Sumber: www.esdm.go.id

Editor: Catur Apriliana

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.