Home Politik Diaspora Indonesia: Ganjar Pemimpin yang Mau Mendengarkan dan Berkolaborasi

Diaspora Indonesia: Ganjar Pemimpin yang Mau Mendengarkan dan Berkolaborasi

43
0
SHARE

Jakarta – Diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai 3D Generalist di California, Amerika Serikat, Kevin Herjono menyebut Ganjar Pranowo merupakan sosok yang dapat menjawab berbagai tantangan ke depan. Ia menilai, sosok Ganjar yang terbuka dan mau berkolaborasi dapat menjawab berbagai tantangan yang akan semakin modern.

“Pemimpin ke depan harus orang yang terbuka, mau berkolaborasi. Apalagi ke depan tantangan akan semakin modern. Kita mau pemimpin yang mau belajar tantangan-tantangan ke depan, karena kita sudah tidak lagi hidup di era individualistis. Segalanya mesti berkolaborasi dan diselesaikan bersama-sama. Ya itu semua ada di Mas Ganjar,” kata Kevin pada acara Diaspora Bicara yang disiarkan di Radio Ganjar, Selasa (30/8/2023).

Kevin mengaku dirinya sudah dua kali bertemu Ganjar secara langsung pada saat jalan pagi. Menurutnya, politikus berambut putih tersebut merupakan pendengar yang baik, karena Ganjar mau mendengarkan berbagai keluh kesah masyarakat.

“Ketemu itu pas jalan pagi. Kadang susah ya ketemu pemimpin yang banyak protokoler. Ini enggak. Yang saya suka, Mas Ganjar jalan kaki lewat kampung-kampung, lewat simpang lima. Yang ada di sana kan bukan hanya dari satu wilayah saja. Banyak yang curhat ke Mas Ganjar dan beliau mau mendengarkan. Ini efektif ya. Selain sehat, juga bisa menyerap aspirasi masyarakat” jelas Kevin.

Pada acara yang dimoderatori Poempida Hidayatulloh dari Ganjar Center itu, Kevin juga menceritakan ketika dirinya melihat secara langsung bagaimana Ganjar mau belajar dari para pelari marathon yang saat itu sedang berlatih.

“Waktu itu lagi ada yang latihan marathon. Mas Ganjar itu kayaknya penasaran, makanya dia tanya-tanya sama mereka. Menurut saya itu nilai lebih bagi seorang pemimpin. Dia mau belajar, mau tukar pikiran,” kata Kevin.

Disinggung mengenai industri kreatif yang ada di Indonesia, Kevin mengatakan program Lapak Ganjar yang digagas Ganjar Pranowo adalah salah satu contoh yang bagus. Menurutnya, pemimpin juga harus paham dengan media sosial.

“Lapak Ganjar itu salah satu produk kreatif. UMKMnya udah kreatif. Tapi kekuatan Mas Ganjar untuk mempromosikan UMKM itu luar biasa. Ini yang dimaksud ‘Tut Wuri Handayani’. Memberikan dorongan masyarakat agar bisa maju bersama-sama,” tandasnya.

Diakhir segmen diskusi, Poempida mengakui banyak perubahan yang sudah dilakukan Ganjar di Jawa Tengah baik dari infrastruktur jalan dan terobosan kebijakan di berbagai bidang seperti di pemberdayaan UMKM, pendidikan, penanganan stunting dan kemiskinan serta beberapa hal lainnya.