Saturday , August 13 2022
Home / Nasional / Jelang Lebaran, Pemerintah akan Hentikan Sementara Pengerjaan Proyek Konstruksi Jalan

Jelang Lebaran, Pemerintah akan Hentikan Sementara Pengerjaan Proyek Konstruksi Jalan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menghentikan seluruh pekerjaan konstruksi pada H-10 hingga H+10 Idul Fitri 1439 H mendatang. Hal itu dilakukan demi memberikan kelancaran kepada arus mudik lebaran tahun 2018 ini.

“Penghentian pekerjaan tidak berlaku untuk penutupan lubang yang bersifat minor sehingga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto, di Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Arie menyampaikan, salah satu proyek yang akan dihentikan sementara adalah pengerjaan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. “Akan dikembalikan kondisinya menjadi 4 jalur,” ungkapnya.

Menurutnya, secara keseluruhan, kesiapan infrastruktur jalan, baik jalan tol dan non tol dalam menghadapi arus mudik tahun 2018 lebih baik dari tahun 2017.

“Tingkat kemantapan jalan nasional yang menjadi jalur mudik mencapai 90%,” ujar Arie.

Di Pulau Jawa, Kementerian PUPR telah melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas jalan non tol baik di lintas utara, tengah dan selatan Jawa. Selain itu, pada tahun 2018, untuk ruas Pantai Selatan Jawa juga cukup baik kondisinya.

“Kami berusaha keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk jalur lintas pantai selatan kita sebut sebagai scenic road atau jalur wisata. Kondisi jalannya tahun ini lebih baik dan mantap,” tegas Arie.

Sementara itu, Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga Hedy Rahardian mengemukakan, Kementerian PUPR mendorong jalur pantai selatan Jawa bisa menjadi pilihan pemudik terlebih libur Lebaran tahun 2018 cukup panjang.

Jalan Pantai Selatan memiliki panjang 1.405 km dibangun menyusuri garis tepi pantai selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur. Sehingga banyak sekali ditemukan obyek wisata pantai yang lokasinya tidak jauh dari trase jalan.

Sebut saja Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Teluk Penyu, Pantai Parangtritis, Pantai Soge dan Pantai TIga Warna. Selain pantai, pemudik akan disuguhi pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang menjadi spot berfoto.

“Tahun ini jumlah penginapan juga sudah lebih banyak, demikian juga tempat kemping dan fasilitas umum lainnya,” pungkas Hedy.

 

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Musim Hujan Telah Tiba! Simak Pilihan Selimut Hangat untuk Keluarga

Jamaninfo.com, Musim hujan telah tiba. Hujan deras, jalan basah, dan angin kencang mungkin membuat Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.