Home Ekonomi Peringkat WEF: Daya Saing Indonesia Naik Dua Level

Peringkat WEF: Daya Saing Indonesia Naik Dua Level

50
0
SHARE
Kredit foto: https://id.rbth.com

Tahun 2018 ini, tingkat daya saing Indonesia dinilai semakin membaik. Hal itu terbukti dari naiknya peringkat Indonesia di angka 45 dalam daftar peringkat daya saing yang diterbitkan oleh World Economic Forum (WEF). Sebelumnya, pada tahun 2017, peringkat Indonesia berada level 47.

Menurut keterangan resmi dari WEF, naiknya level daya saing Indonesia diuntungkan oleh ukuran pasar yang sangat besar. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekonomi berkembang paling terhubung di dunia.

Selain itu, WEF juga melaporkan bahwa dalam hal konektivitas, nilai yang didapatkan Indonesia mencapai 20 poin lebih tinggi daripada negara dengan pendapatan rendah dan menengah lainnya.

“Dikombinasikan dengan budaya wirausaha yang cukup kuat dan keseluruhan dinamika bisnis, menjadi pertanda baik bagi daya saing negara ke depannya,” bunyi dalam rilis WEF.

Riset daya saing yang dilakukan WEF tersebut beetujuan untuk memetakan dan menganalisis daya saing negara-negara di dunia dengan menggunakan 98 indikator, diantaranya adalah hak-hak pekerja, bisnis disruptif, dan keragaman angkatan kerja.

 

Editor: Eva Ulpiati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here