Tuesday , December 6 2022
Home / Rilis / Presiden Jokowi Salat Iduladha Bersama Ribuan Warga Sukabumi

Presiden Jokowi Salat Iduladha Bersama Ribuan Warga Sukabumi

Setelah berlebaran Idul Adha di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan Serang, Banten, tahun ini Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memilih berlebaran Iduladha di Sukabumi, Jawa Barat. 

Keduanya melaksanakan salat Iduladha bersama ribuan warga Sukabumi di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, pada Sabtu, 1 September 2017. Bertindak sebagai imam K.H. Mahfud Ghozali dan khotbah Iduladha yang mengangkat tema “Dengan Semangat Berkurban Kita Jadikan Revolusi Mental Membangun NKRI” disampaikan oleh Prof. Dr. Dedi Ismatullah Mahdi.

Presiden dan Ibu Iriana tiba di Lapangan Merdeka pada pukul 06.10 WIB, sementara salat Iduladha dimulai pada pukul 06.42 WIB.

Setelah selesai mendengarkan khotbah, Presiden dan Ibu Iriana berjalan kaki untuk menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dengan berat 1,4 ton kepada panitia kurban di Masjid Agung Sukabumi.

Turut mendampingi Presiden menunaikan ibadah salat Iduladha, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Presiden Joko Widodo adalah presiden kedua yang melaksanakan salat Iduladha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi. Sebelumnya, 65 tahun silam atau tepatnya 31 Agustus 1952, Presiden Sukarno juga melaksanakan salat Iduladha di Lapangan Merdeka.

Menanggapi hal ini, Presiden menjelaskan bahwa dirinya selalu ingin melaksanakan salat Idulfitri dan Iduladha di berbagai daerah di Tanah Air.

“Pada tahun ini di Sukabumi untuk salat Iduladha,” ucapnya.

Kunjungan ke Sukabumi kali ini sekaligus dimanfaatkan Kepala Negara sebagai kunjungan kerja.

“Sukabumi adalah kota yang berkembang, sudah lama berkembang. Saya datang ke sini juga ingin melihat hal-hal yang bisa kita berikan backup dari pemerintah pusat,” kata Presiden.(*)

Sukabumi, 1 September 2017

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden
Bey Machmudin

About redaksi

Check Also

JAMAN Peduli Cianjur, Yuk Salurkan Bantuan Ke Sini

CIANJUR MEMANGGIL Gempa berkekuatan 5,6 SR telah menghancurkan CIANJUR dan sekitarnya. Ratusan jiwa meninggalkan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.