Sunday , June 26 2022
Home / Ekonomi / Terjadi Serangkaian Teror di Jawa Timur, Menperin: Investasi Sektor Industri Tetap Normal

Terjadi Serangkaian Teror di Jawa Timur, Menperin: Investasi Sektor Industri Tetap Normal

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto meminta kepada pelaku industri agar tidak panik dan takut pada aksi-aksi terorisme yang terjadi belakangan ini. Pasalnya, hal itu akan berdampak pada iklim investasi Indonesia.

“Para pelaku industri di Indonesia harus berpegangan tangan untuk bersama-sama melawan aksi terorisme yang terjadi. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan terus melakukan aktivitas ekonomi dan juga ekspansi,” ujar Airlangga pada acara Inspiring Lecture dengan tema “Birokrasi Berkelas Dunia Menghadapi Tantangan Industri 4.0” di Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (14/5).

Menurut Airlangga, para pelaku teror sengaja melakukan aksi tersebut untuk menciptakan suasana tidak kondusif, sehingga bisa memengaruhi perekonomian Indonesia.

“Pelaku bom itu tak menghayati nilai-nilai luhur agama Islam. Itu tindakan yang sangat memalukan karena agama Islam ini kan rahmatan lil alamin. Peristiwa ini juga telah mendegradasi ajaran agama maupun rasa kemanusiaan,” ungkapnya.

Ia juga mendorong sektor industri tetap beroperasi seperti biasa, meski telah terjadi aksi terorisme yang menelan korban jiwa. “Kami terus meyakinkan kepercayaan investor dan kalangan industri akan tetap ada dan pemulihan keamanan masih menjadi prioritas pemerintah,” tandas Airlangga.

Usai rangkaian teror di Jawa Timur, Airlangga memastikan komitmen investor terutama sektor industri akan tetap berjalan seperti biasa. “Kami menyesalkan dan mengecam kejadian ledakan bom di beberapa lokasi di Surabaya, mengingat daerah ini merupakan kota industri dan bisnis,” katanya.

Airlangga juga memastikan, ledakan bom yang terjadi tidak akan memengaruhi komitmen investasi sektor industri di Indonesia. Sekalipun saat ini ekonomi Indonesia tengah diterpa persoalan nilai tukar dan stabilitas keamanan, namun pemerintah yakin komitmen investor tetap akan berjalan normal.

“Jadi kita tak boleh mentoleransi kegiatan teror yang sifatnya mendisrupsi perekonomian kita. Jadi ini kita harus lawan,” imbuhnya.

Airlangga optimistis kegiatan perekonomian harus terus berjalan untuk melawan terorisme yang sama sekali tidak dapat ditoleransi. Hal ini diharapkan akan menjaga stabilitas jangka panjang dan kepercayaan investor pada keamanan dalam negeri menjadi fokus yang terus diupayakan pemerintah.

 

Sumber: www.kemenperin.go.id

Editor: Hendri Kurniawan

About redaksi

Check Also

RI Terapkan DMO Migor Usai Cabut Larangan Ekspor CPO

Jamaninfo.com, Ekonomi – Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ekspor minyak goreng dan minyak sawit mentah (CPO) akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.